Nyeri haid adalah menjadi salah satu penyakit langganan bagi beberapa kalangan wanita setiap bulannya. Sedikitnya terdapat 3 dari 4 wanita yang mengalami nyeri haid dan lainnya mengalami gejala yang paling parah.

Untuk menghilangkan rasa nyeri haid bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai cara mulai dari alami sampai dengan menggunakan obat. Akan tetapi, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara menghilangkan nyeri haid secara alami. Sedangkan, bagi Anda yang penasaran bisa langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

Cara Menghilangkan Nyeri Haid

Cara Menghilangkan Nyeri Haid
Tidak semua permasalahan yang berhubungan dengan nyeri haid ini bisa diselesaikan dengan menggunakan obat. Ada beberapa cara alami yang bisa dipergunakan untuk mengatasi nyeri haid yaitu :

1. Melakukan Olahraga RIngan
Tidak dipungkiri, terkadang ada beberapa orang yang malas untuk melakukan olahraga meski itu ringan. Apalagi, di saat haid kalangan wanita sudah merasa malas untuk melakukan semua kegiatan atau sering disebut dengan mager.

Melakukan olahraga di saat terjadi nyeri haid ini bisa membuat peredaran darah lebih lancar lagi. Selain itu, dengan olahraga ini bisa membuat hormon endorfin yang dihasilkan bisa dijadikan sebagai alat untuk meredakan nyeri alami dan membantu mengurangi efek hormon prostaglandins.

Prostaglandins yaitu hormon yang membuat bagian rahim mengalami kontraksi dan membuat kram. Dengan melakukan olahraga ini bisa membantu untuk proses pengenduran otot serta meningkatkan suplai darah ke bagian panggul.

Paling pentingnya lagi di saat melakukan olahraga ini bisa memperbaiki suasana hati atau mood. Ada banyak sekali pilihan olahraga yang aman di saat sedang mengalami permasalahan nyeri datang bulan yaitu, senam aerobik dan jogging. Lakukan olahraga secara teratur dari sebelum dan selama haid berlangsung.

2. Melakukan Kompres Perut
Di saat haid terasa sangat menyakitkan, langkah utama yang bisa dilakukan adalah melakukan kompres pada perut dengan menggunakan botol berisikan air hangat. Suhu di dalam botol ini berfungsi untuk melemaskan otot rahim yang tegang dan mengurangi rasa sakit.

Tempelkan botol berisi air hangat dan dibalut dengan menggunakan waslap setiap perut mulai merasa nyeri. Anda juga bisa melakukan langkah tersebut sesering mungkin atau selama perut masih nyeri.

Cara yang satu ini sangat dipercaya bisa menghilangkan nyeri haid tanpa menimbulkan efek samping apapun. Selain itu, tidak ada salahnya untuk mencoba mandi dengan menggunakan air hangat di saat haid sedang berlangsung.

Tanpa disadari, dengan cara tersebut juga bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Mandi dengan menggunakan air hangat ini bisa membantu mengendurkan beberapa otot perut, punggung dan juga kaki.

3. Minum Teh Chamomile
Kemungkinan besar banyak dari kalangan masyarakat yang belum pernah mengkonsumsi Teh Chamomile. Ada salah satu penelitian yang menyebutkan, bahwa Teh Chamomile ini mempunyai aroma bunga dan bisa membantu mengurangi rasa nyeri haid yang bukan dipicu dengan sakit.

Teh Chamomile juga sudah diteliti dan mempunyai kandungan senyawa yang sering disebut dengan hippurate. Hippurate adalah suatu senyawa alami dalam tubuh yang mempunyai tugas untuk melawan peradangan pada tubuh.

Sedangkan, untuk senyawa anti radang di dalam Teh Chamomile ini juga bisa membantu mengurangi rasa produksi prostaglandin. Sehingga, untuk permasalahan nyeri haid juga bisa diatasi.

Nah, itulah dia 3 cara menghilangkan nyeri haid yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk kalangan wanita. Besar harapan dengan adanya informasi di atas bisa membantu Anda yang sering mengalami nyeri haid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.