Menjelang bulan suci Ramadan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek ketersediaan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional dalam kunjungan kerjanya ke Yogyakarta dan sekitarnya pada Rabu, (30/3/2022). Pasar yang dikunjungi yakni pasar Baledono, di Purworejo serta Pasar Rakyat di Desa Tempurejo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. "Tadi saya melihat di dua pasar di Purworejo dan sekarang ini di Magelang," kata Presiden di Pasar Rakyat Tempurejo.

Dari hasil pengecekan Presiden menemukan minimnya ketersediaan minyak goreng curah di pasar tradisional. Selain itu harga minyak goreng tersebut masih di atas harga eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah. "Minyak curah ada tetapi stoknya tidak banyak. Tadi saya lihat sisanya di situ tinggal kira kira 2 liter. Harganya Rp15.500, masih belum mencapai apa yang kita inginkan di Rp14.000," kata Jokowi.

Untuk minyak goreng kemasan yang harganya diserahkan ke mekanisme pasar, presiden menemukan harganya relatif sama yakni Rp24.000 per satu liter. Sementara itu untuk ketersediaan kebutuhan pokok lainnya kata Presiden masih terkendali. Selain itu harganya juga masih relatif baik. "Harga harga yang lain saya kira masih pada posisi yang baik," katanya.

Dalam kegiatan peninjauan di Pasar, Presiden Jokowi juga menyempatkan membeli sejumlah bahan pangan seperti cabai, bawang, hingga jahe. Selain itu, Presiden juga membagikan bantuan tunai bagi para pedagang di kedua pasar tersebut. Bantuan diharapkan dapat meringankan beban para pedagang yang terkena dampak pandemi Covid 19.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada Bapak Presiden sudah memberi bantuan kepada saya. Terima kasih sekali, mudah mudahan bermanfaat," ujar Rohayati, salah satu pedagang yang menerima bantuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.